Cermat dalam Membeli Asuransi Mobil

Asuransi mobil menjadi solusi untuk menghindari kerugian yang tak terkira. Seperti halnya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan mobil kesayangan rusak parah hingga tidak dapat dikendarai lagi. Belum lagi harus bertanggung jawab kepada pihak ketiga yang ikut terlibat dalam kejadian yang dialami. Bayangkan jika kemalangan tersebut terjadi dan tidak memiliki proteksi, tentu kerugian akan mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Secara garis besar inilah manfaat dari asuransi mobil yang semakin menarik perhatikan masyarakat luas. Kerugian yang dialami sewaktu-waktu dapat dialihkan ke perusahaan asuransi sehingga keuangan dapat terjaga dengan baik. Apakah Anda juga ingin memiliki asuransi mobil? Silakan daftarkan diri di perusahaan asuransi baik melalui situs resminya maupun juga melakukan kunjungan langsung ke kantor. Saat membeli, beberapa hal dibawah ini harus dicermati:

Pastikan sudah memilih perusahaan yang tepat

Perusahaan asuransi yang ada di Indonesia jumlahnya relatif banyak. Ini menjadi sebuahkesempatan bagus untuk memilih perusahaan yang benar-benar tepat. Menentukan perusahaan mana yang tepat bukan hanya dari fasilitas perusahaan, tetapi juga layananya yang secara profesional dan cepat. Adapun cara-cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perusahaan asuransi yang tepat adalah dengan merekam jejak perusahaan, baik itu tahun berdirinya, perkembangannya, fasilitas yang diberikan, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan. Ingat, perusahaan asuransi yang dipilih harus mempunyai keuangan sehat untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal. Dengan begitu, memungkinkan agar pengajuan klaim dapat diproses dengan lancar.

Tentukan jenis perlindungan yang dipilih

Terdapat dua jenis perlindungan yang bisa dipilih nasabah ketika melakukan pembelian asuransi mobil, yakni all risk dan Total Lost Only (TLO). Perbedaan kedua proteksi ini adalah terletak pada perlindungan yang diberikan, dimana all risk mencakup secara keseluruhan peristiwa merugikan baik dari kejadian terkecil maupun besar, sedangkan TLO hanya berlaku untuk kejadian yang parah. Namun, untuk asuransi all risk tidak semua bentuk kerugian dicover oleh perusahaan. Seperti halnya gempa dan tsunami yang mengakibatkan kendaraan rusak bahkan tidak dapat lagi dikendarai, resiko tersebut tidak dapat diklaim dari perlindungan all risk karena termasuk dalam kategori perluasan proteksi. Oleh karena itu, diperlukannya kecermatan dalam hal ini sesuai dengan kebutuhan apakah komprehensif ataupun TLO. Begitu juga dengan perlindungan tambahan, perlu diambil atau tidak untuk kenyamanan mobil kesayangan.

Pertimbangkan perlindungan dari sisi keuangan

Selain kebutuhan, kondisi keuangan juga perlu dipertimbangkan dalam membeli asuransi mobil. Jika polis tak dapat diperpanjang tentu perlindungan akan hangus. Oleh karenanya, sangat disayangkan apabila proteksi asuransi hangus karena premi yang ditanggung tidak dapat diindahkan. Dalam hal ini, calon nasabah perlu melihat berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapat perlindungan mobil kesayangan, selain daripada premi, juga soal administrasi, dan proses klaim. Untuk mendapat biaya yang sesuai dengan keuangan, perhitungkan pada saat pembelian termasuk perluasan proteksi yang jika tertarik untuk diambil.

Membeli asuransi mobil membutuhkan kecermatan yang tinggi, sebab sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam memilikinya. Jangan sampai berasumsi bahwa perusahaan asuransi akan mengcover semua kerugian. Padahal perlindungan terbagi sesuai dengan ketentuannya, dimana tidak semua kerugian bisa dialihkan dalam proteksi TLO seperti halnya all risk. Kenali asuransi lebih dekat baik dari kerabat ataupun juga bisa tanya langsung melalui situs resmi perusahaan. Dengan demikian memungkinkan untuk memilih asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.